Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4X (Santoni)

Bootloader merupakan perangkat lunak yang memiliki tugas untuk mengijinkan aplikasi apa saja yang akan di jalankan pertama kali saat ponsel di hidupkan.

Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4X (Santoni)
Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4X

Melakukan unlock bootloader merupakan hal yang sangat penting bagi yang senang melakukan uprek pada smartphonenya. Hal ini dikarenakan bootloader membatasi pengguna untuk melakukan rooting ataupun memasang TWRP pada smartphone. Maka dari itu, kita wajib melakukan unlock bootloader supaya kita bisa memasang TWRP ataupun melakukan root pada android.

Apa sih Bootloader itu ?

Bootloader merupakan perangkat lunak yang memiliki tugas untuk mengijinkan aplikasi apa saja yang akan di jalankan pertama kali saat ponsel di hidupkan. Bootloader lah yang mengizinkan kita untuk meload system android, masuk ke mode recovery ataupun mode fastboot.

Hal itulah yang menyebabkan kita tidak bisa memasang custom recovery, root ataupun melakukan flashing pada smartphone kita karena secara default bootloader di setting untuk tidak sembarangan mengizinkan tindakan yang bisa membahayakan smartphone. Meski begitu pihak Xiaomi masih mengizinkan kita melakukan unlock bootloader. Nah, berikut ini akan kita bahas Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4X (Santoni).

Part 1 : Meminta Izin Untuk Unlock Bootloader ke pihak Xiaomi

  1. Pertama - tama kita harus memiliki Akun MI, yang bisa kita buat menggunakan smartphone Xiaomi yang akan kita unlock bootloadernya. kalau sudah punya ya tidak perlu buat lagi, tinggal masuk saja.( Kalau baru buat, usahakan usia Akun MI sudah seminggu lebih ya ).
  2. Buka http://en.miui.com/unlock/ untuk meminta izin melakukan unlock bootloader. jika web nya berbahasa Cina, ubah bahasanya di pilihan paling bawah yang tulisannya English.
  3. Di situ kita akan disuruh untuk mengisi data, nomor telepon yang sesuai dengan yang kita gunakan untuk mendaftar Akun MI serta alasan mengapa kita ingin melakukan unlock bootloader.
  4. Supaya cepat disetujui buatlah alasan jika smartphone kita mengalami bootloop. Contohnya seperti ini : "My Xiaomi Redmi 4X Bootloop!!! I don't hаvе аnу solution tо fix thіѕ problem :( . I hаvе tо unlock bootloader, ѕо і саn fix thіѕ problem uѕе fastboot method" . Ini hanya contoh ya, bisa kalian kreasikan sendiri, dan apabila kalian tidak begitu mahir bahasa Inggris, kalian bisa mengarangnya menggunakan bahasa Indonesia kemudian terjemahkan ke dalam bahasa Inggris menggunakan Google Translate, soalnya alasan yang kita gunakan untuk meminta izin unlock bootloader harus menggunakan bahasa Inggris.
  5. Tunggu sampai Xiaomi mengirim pesan verifikasi yang berisi 6 digit angka.
  6. Jika sudah, tunggu sampai kita mendapat SMS persetujuan dari Xiaomi untuk melakukan unlock bootloader ( biasanya antara 1- 5 hari ).
  7. Apabila kita telah mendapatkan SMS dari pihak Xiaomi seperti ini “You’ve bееn granted thе permission tо unlock уоur device. Download Mi Unlock Tool аt http://en.miui.com/unlock/” berarti kita telah disetujui untuk melakukan UBL.

Part 2 : Proses Melakukan Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4X Menggunakan MI Unlock Tool

Sebelum mulai proses unlock bootloader, terlebih dahulu kita siapkan yakni.

  1. Komputer / Laptop yang telah menggunakan Windows 7 dan juga koneksi internet, entah itu menggunakan modem ataupun wifi.
  2. Kabel data.
  3. Download dan Install Driver Xiaomi Redmi 4X Supaya smartphone kita bisa terdeteksi.
  4. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking Pada Xiaomi Redmi 4X kita yang berada di Pengaturan > Opsi Pengembang. Atau jika pilihan Opsi Pengembang belum muncul di Pengaturan. Kalian bisa mengaktifkannya dengan cara masuk ke Pengaturan > Tentang Ponsel / Abоut Phone. Kemudian pada Versi MIUI kita pencet 7 kali hingga muncul tulisan "Sekarang kamu adalah seorang pengembang". Jika Opsi Pengembang / Develper Option telah muncul di Pengaturan tinggal kita aktifkan saja USB Debugging dan OEM Unlocking.
  5. Download dan Install MI Unlock Tools pada komputer /PC kita yang bisa kalian download di web resminya http://en.miui.com/unlock/download_en.html

Jika semua bahan - bahan di atas telah terpenuhi, langsung saja kita mulai prosesnya.

  1. Pastikan pada Xiaomi Redmi 4X kita telah ter log іn Akun MI yang kita gunakan untuk mendaftar unlock bootloader.
  2. Jalankan MI Unlock Tools yang ada di komputer/PC sebagai administrator. (Run аѕ Administrator). Patikan komputer/PC terhubung ke internet.
  3. Pada MI Unlock Tools gunakanlah akun yang sama dengan yang kita gunakan untuk meminta izin UBL.
  4. Matiakan Smartphone kita, kemudian pencet tombol Volume Bawah dan Tombol Power secara bersamaan. Supaya kita bisa masuk ke mode Fastboot.
  5. Jika sudah, sambungkan Xiaomi Redmi 4X kita ke PC menggunakan kabel data.
  6. Pastikan smartphone telah terdeteksi oleh PC.
  7. Setelah terdeteksi oleh PC, kemudian kita klik Unlock.
  8. Tunggu beberapa saat sampai muncul status Unlock Succesfully.
  9. Kemudian Klik Reboot Phone.
  10. Selamat kini Xiaomi Redmi 4X kita berhasil Unlock Bootloader, dan sekarang kita sudah bisa memasang custom recovery/TWRP maupun melakukan Root.

Sekian tulisan dari kami, Semoga Bermanfaat.